Entri Populer

Rabu, 22 Desember 2010

WORTEL WARNANYA UNGU LUH..!!!

Wortel, sayuran yang berarti 'akar' dalam bahasa Belanda ini memang banyak sekali dicanangkan sebagai makanan yang kaya akan beta karoten, alias sumber vitamin A. Selama ini kita mengenal sayur wortel sebagai tanaman dengan warna oranye cerah yang menyenangkan, tapi jangan salah, ternyata wortel yang sekarang kita makan ini aslinya tidak berwarna oranye cerah, melainkan berwarna ungu. Iya, benar! Ungu! Anda tidak salah membaca! Wortel liar aslinya berwarna ungu. Sebelum abad ke 17, hampir semua wortel yang ditanam berwarna ungu.

Lalu kenapa sekarang warna wortel menjadi oranye? Ternyata penyebabnya adalah adanya mutasi genetik terhadap tanaman ini. Pada akhir abad 16, para petani wortel dari Belanda, mulai menggunakan tanaman wortel yang termutasi secara alami. Tanaman yang termutasi ini memiliki berbagai macam warna, baik oranye, kuning, bahkan putih. Para petani wortel di Belanda inilah yang mulai mengawin-silangkan berbagai varietas wortel sehingga menjadi wortel oranye cerah nan manis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Lalu bagaimanakah rasa wortel yang asli? Ternyata wortel yang asli memiliki rasa yang tidak semenarik wortel yang sekarang kita kenal. Wortel dalam bentuk asli dengan warna ungu cenderung lebih keras, tidak segemuk wortel yang sekarang kita kenal, dan rasanya tidak semanis wortel yang sekarang kita kenal. Oleh karena inilah, maka wortel ungu tidak terlalu banyak dikembangkan. Selain alasan rasa, karena ukurannya yang lebih besar dan lebih gemuk, maka wortel oranye jauh lebih menarik untuk ditanam, karena memberikan keutungan yang lebih besar terhadap para petani wortel.

Ada yang ingin mencoba menanam wortel ungu?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar